TokoPuding.Com - D'licious Online Pastry Shop

Download vCard

Yoghurt dan Manfaatnya bagi Kesehatan Kita

March 21, 2013, by delicious, category Blog

yoghurtSiapa tak kenal yoghurt ?  Rasanya asam segar dengan tekstur lembut. Kandungan sejumlah nutrisi dan bakteri hidup membuat yoghurt yang dikenal sejak ribuan tahun silam menjadi bintang nutrisi pada abad ini.

Yoghurt dibuat dari susu yang diolah melalui proses fermentasi dan diberi tambahan organisme hidup. Biasanya digunakan bakteri lactobacillus bulgaricus, streptococcus thermophilus, ataupun bifidobacterium. Proses ini membuat yoghurt memiliki tekstur kental dan rasanya menjadi asam rasanya.

Sebutan ‘yoghurt’ berasal dari bahasa Turki. Mulanya di tahun 1700-an, imigran Turki pertama kali mempromosikan yoghurt ke luar Turki. Kawasan Amerika Utara jadi tujuan, namun tak langsung berhasil. Barulah sekitar tahun 1919, yogurt pertama kali diproduksi secara massal oleh Isaac Carasso, lewat perusahaan Danone di Barcelona, Spanyol.

Konon, yoghurt dibuat karena tidak sengaja. Dahulu kala di kawasan Mesopotamia, susu yang dihasilkan dari hewan mulai banyak ditemui. Susu tersebut disimpan di dalam kemasan yang dibuat dari lambung sapi. Rennet yang ada dalam lambung sapi dan suhu hangat membuat susu jadi kental dan rasanya asam.

Susu fermentasi ini kemudian dikenal sebagai jenis produk olahan susu yang baru. Bahkan ditemukan jika susu tersebut memiliki daya tahan yang lebih lama dibanding hanya disimpan dalam mangkuk atau guci. Mengolah susu menjadi yoghurt menjadi alternatif cara agar susu tak mudah basi.

Selain dari susu sapi, yoghurt juga banyak dibuat dari produk susu kambing, susu domba, bahkan dari susu kedelai. Kini, penggunaan yoghurt sudah semakin luas. Tak hanya dikonsumsi langsung dan rasanya tawar, namun juga diberi perasa serta potongan buah. Selain itu, yoghurt juga memiliki kandungan nutrisi tinggi yang memberikan banyak manfaat bagi kesehatan.

yoghurtNutrisi  yang terkandung di dalam Yoghurt

Menurut Live Strong (21/10/10) :

1 cup yoghurt full fat berukuran 227 gram mengandung 138 kalori, 7 gram lemak, dan 8 gram protein. Di dalamnya juga terdapat 11 gram karbohidrat, 104 mg sodium, dan 30 mg kolesterol. 275 mg kalsium dan 216 mg fosfor.

1 cup yoghurt rendah lemak berukuran 227 gram mengandung 143 kalori dan 4 gram lemak. Protein dan karbohidratnya lebih tinggi, yakni 12 gram dan 16 gram berturut-turut. Kalsiumnya 415 mg dan fosfornya 327 mg

Mineral yang terkandung dalam kedua jenis yoghurt tersebut, yakni magnesium, potassium, zat besi, zinc, selenium, dan fluoride.

Vitamin yang terkandung di dalamnya seperti vitamin A, C, B6, B12, E, dan K, serta asam pantotenat, niacin, thiamin, riboflavin, kolin, dan folat.

Yoghurt  termasuk Makanan Probiotik

Yoghurt digolongkan sebagai makanan probiotik. Karenanya yoghurt digolongkan sebagai makanan unggulan. Selain itu juga dikenal makanan probiotik. Apa perbedaannya dengan prebiotik?

Katherine Zeratsky, R.D., L.D., ahli gizi di situs Mayoclinic, menjelaskan perbedaannya. Probiotik biasanya ditemukan dalam makanan seperti yoghurt, sementara prebiotik ada di gandum utuh, pisang, bawang Bombay, bawang putih, dan madu.

Seperti namanya ‘probiotik’ yang artinya ‘hidup’, probiotik adalah bakteri baik yang membantu pencernaan dan melindungi dari bakteri jahat. Mikroorganisme ini mendapat energi dari prebiotik, karbohidrat tak tercerna yang berperan sebagai makanan probiotik.

Bakteri Lactobacillus Bulgaricus umum dikenal sebagai bakteri baik yang ada di dalam yoghurt. Setidaknya dalam 1 gram yoghurt mengandung sekitar 1 juta bakteri Lactobacillus Bulgaricus.

Fungsi Bakteri ini adalah :

  • memecah laktosa yang ada di dalam produk susu, karena itu aman bagi orang-orang yang intoleransi atau tidak tahan terhadap laktosa.
  • Lactobacillus juga memproduksi Vitamin B kompleks dan Vitamin K.
  • Bersifat sebagai anti tumor

Begitu juga dengan bakteri Streptococcus Thermophilus. Bakteri kedua ini juga diperlukan dalam proses pembuatan yoghurt. Streptococcus adalah salah satu jenis bakteri asam laktat terkecil. Juga menguntungkan bagi penderita intoleransi laktosa.

Kedua bakteri ini dipercaya dapat menjaga kesehatan usus. Bakteri jahat yang ada di dalam pencernaan juga bisa dimusnahkan. Karena itu konsumsi yoghurt setiap hari sangatlah dianjurkan.

Beberapa jenis yoghurt ada juga yang ditambahkan dengan bakteri Bifidus Ragularis.
Jenis bakteri ini bermanfaat untuk meningkatkan kelangsungan hidup bakteri Lactobacillus Bulgaricus dan Streptococcus Thermophilus, saat melewati lambung yang sangat asam. Berdasarkan data Consumer Reports, sebanyak 3 juta dari tiga miliar bakteri berhasil melewati lambung hingga ke usus. Hal ini berkat kerja bakteri Bifidus Regularis.

yoghurtManfaat probiotik Yoghurt bagi kesehatan 

Ketika probiotik dan prebiotik digabungkan, keduanya akan membentuk sinbiotik. Produk olahan susu yang difermentasi seperti yogurt dan kefir tergolong sinbiotik. Pasalnya, kedua makanan ini mengandung bakteri hidup sekaligus ‘bahan bakar’ yang dibutuhkan untuk bakteri tersebut berkembang.

Meski diperlukan penelitian lebih jauh, ada beberapa bukti bahwa probiotik yoghurt bermanfaat bagi kesehatan. Di antaranya:

  • Mengobati diare  (terutama setelah melakukan pengobatan dengan antibiotik tertentu)
  • Mencegah dan mengobati infeksi jamur vagina dan infeksi saluran kemih
  • Mengobati sindrom iritasi usus besar
  • Mengurangi kambuhnya kanker kandung kemih
  • Mempercepat penyembuhan infeksi usus tertentu
  • Mencegah dan mengobati eksim pada anak-anak
  • Mencegah atau mengurangi parahnya pilek dan flu
  • Melancarkan pencernaan
  • Membakar lemak, melangsingkan tubuh tanpa mengurangi massa otot
  • Mencegah kanker usus besar
  • Mengencangkan dan menghaluskan kulit
  • Menurunkan kolesterol jahat
  • Meningkatkan imunitas
  • Menguatkan tulang, gigi, dan kuku
  • Menyembuhkan kulit terbakar
  • Membuat kulit bersinar & mengurangi kerut

Dibanding produk olahan susu lain, yoghurt cenderung lebih mudah dicerna. Frozen yoghurt memiliki beberapa manfaat dari yoghurt biasa, namun koloni bakterinya lebih sedikit. Bagaimanapun juga, proses pemanasan dapat menghancurkan koloni bakteri yang bermanfaat.

yoghurtTips dalam Membeli Yoghurt

Banyak jenis yoghurt tersedia di pasar swalayan. Aneka rasa dan bentuk, mau yang lokal atau impor juga tersedia. Banyak hal harus dicermati saat membeli yoghurt agar bisa diperoleh manfaat nutrisinya yang paling optimal.

Saat membeli, tentunya informasi pada kemasan harus diperhatikan. Selain itu Live Strong (19/03/2013) memberikan rekomendasi beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan dnegan cermat saat membeli yoghurt.

1. Pilih yoghurt rendah lemak

American Heart Association merekomendasikan untuk memilih yoghurt rendah lemak. Lihat keterangan kandungan milk fat atau % M.F, < 2%. Selain itu cek info nutrisi, pastikan kandungan lemak jenuh tidak lebih dari 2 g dan 0 g untuk lemak trans per 6-oz (180 g).

2. Daftar bahan

Lihat daftar bahan pembuat yoghurt . Yoghurt paling natural bisa hanya menyebutkan dua bahan yaitu susu dan kultur bakteri. Saat daftar bahan semakin bertambah panjang, Anda akan menemukan beberapa bahan-bahan buatan seperti carageenan, malic acid, gelatin, pewarna, dan perisa.

3. Pilih rasa natural

Untuk pilihan yoghurt yang lebih sehat, pilih rasa plain atau natural, tanpa tambahan rasa. Versi yoghurt dengan rasa bisa mengandung gula tiga kali lebih banyak daripada versi plain dari produk yang sama. Jika rasa plain terlalu asam, campurkan buah-buahan untuk meningkatkan asupan antioksidan dan nutrisinya.

4. Kandungan kalsium, protein, dan vitamin

Perhatikan tingkat kalsium, vitamin D, dan protein. Yoghurt ideal harusnya menyediakan minimal 20 persen rekomendasi konsumsi kalsium dan vitamin D per 6-oz (180 g) untuk kekuatan tulang. Jika Anda ingin memaksimalkan asupan protein, dianjurkan untuk mengonsumsi Greek Yoghurt.

5. Cek kultur yoghurt

Cari keterangan kultur bakteri aktif dalam label. Dalam daftar bahan, probiotik yang bagus untuk pencernaan ini akan tertulis nama “Lactobacillus acidophilus” dan “Bifidobacterium bifidum.” Cari yogurt dengan label live and active cultures yang dikembangkan oleh National Yogurt Association

6. Yoghurt harus disimpan dalam lemari pendingin

Jangan beli yogurt yang disimpan dalam suhu ruangan. Bakteri dalam yogurt perlu lingkungan dingin untuk tetap bertahan. Saat yogurt terkena hawa panas maka bakteri di dalamnya akan mati dan manfaat nutrisi yogurt menjadi berkurang.

So, what do you think ?

Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.